Pengaruh Edukasi Leaflet Terhadap Pengetahuan Penggunaan Antibiotik Siswa Kelas 10 SMA Negeri 1 Di Trawas
DOI:
https://doi.org/10.33479/jfmc.v2i1.22Keywords:
Edukasi, Leaflet, Pengetahuan penggunaan AntibiotikAbstract
Antibiotik umumnya digunakan untuk infeksi yang dikarenakan bakteri. Pemakaian antibiotik yang tidak selaras anjuran bisa membuat gagalnya terapi penyembuhan yang dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengamati kaitan antar karakteristik responden pengetahuan antibiotik pada murid SMA Negeri 1 Trawas, dan untuk mengamati adanya perbandingan pengetahuan awal serta setelah dibagikan edukasi leaflet antibiotik pada murid SMA Negeri 1 Trawas. Pada penelitian ini menggunakan desain one grup pretest-post test research desain. Kemudian Intervensinya menggunakan Pemberian Edukasi melalui Leaflet. Hasil penelitian ini yaitu pada karakteristik responden usia diperoleh (p-value=1,529), yang artinya tidak ada hubungan karakteristik dengan tingkat pengetahuan, kemudian diperoleh hasil karakteristik responden dengan jenis kelamin yaitu (p-value=1,979) yang artinya tidak ada hubungan antara karakteristik dengan tingkat pengetahuan, kemudian diperoleh hasil sumber informasi (p-value=0,026) yang artinya terdapat hubungan karakteristik dengan tingkat pengetahuan. Dalam penelitian ini dilakukan uji Kolmogorov dari data pre post dan post test dan diperoleh hasil asym.sig 0,000 dimana data tidak terdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji Wilcoxon dan diperoleh hasil (sig= 0,000 < 0,05) yang artinya terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah edukasi. Kesimpulannya yaitu setelah diperoleh data bisa diambil simpulan bila yang terdapat hubungan karakteristik dengan tingkat pengetahuan yaitu sumber informasi. Kemudian yang didapatkan hasil sumber informasi yaitu dari teman atau keluarga yang paling tertinggi daripada hasil sumber informasi dari tenaga kesehatan atau google. Dan telah didapatkan hasil bahwa setelah mendapatkan edukasi didapatkan hasil pengetahuan dari responden lebih tinggi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mei Ika Andriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.